Sejarah Mesin Diesel
Rudolf Christian Karl Diesel adalah sarjana mesin dari Jerman dan merupakan penemu dari Mesin Diesel.
Diesel lahir di Paris, Perancis pada tahun 1858 dari orangtua yang
berkebangsaan Jerman dan berimigrasi ke Perancis. Sebagian masa kecil
Diesel dihabiskan di Perancis sampai meletusnya perang Franco-Prussian di
tahun 1870. Keluarganya terpaksa mengungsi pindah ke London, Inggris.
Dan menjelang perang berakhir, ibunya mengirim Rudolf Diesel yang masih
berusia 12 tahun untuk tinggal di Augsburg bersama paman dan bibinya
agar dapat berbicara dalam bahasa Jerman dan bersekolah di Royal County
Trade School, dimana pamannya menjadi mengajarkan matematika disana.
Pada usia 14 tahun, Rudolf Diesel mengirimkan surat kepada orangtuanya
yang berisikan cita-citanya untuk menjadi seorang insinyur, dan setelah
menyelesaikan pendidikan dasar dan menjadi murid terbaik di kelasnya
pada tahun 1873, dia melanjutkan sekolahnya di School of Augsburg.
Selanjutnya pada tahun 1875, dia menerima beasiswa dari Royal Bavarian
Polytechnic di Munich, dimana saat itu Rudolf Diesel terpaksa menentang
keinginan orangtuanya yang kesulitan keuangan dan mengharapkan agar
Rudolf mulai bekerja untuk mencari penghasilan.
Sambil kuliah, Rudolf Diesel bekerja di sebuah pabrik dan mendapatkan
banyak pengalaman dari tempatnya bekerja. Pada tahun 1880, Diesel lulus
dari universitasnya dan mendapatkan kehormatan sebagai murid dengan
nilai akademik terbaik.
Rudolf Diesel mengadakan penelitian, bagaimana agar penggunaan bahan
bakar pada suatu mesin menjadi lebih efisien. Dia tahu bahwa mesin-mesin
uap yang ada pada jamannya, hanya memiliki tingkat efisiensi sebesar
10-15%. Dia kemudian merancang sebuah mesin dengan bahan bakar yang
disemprotkan kedalam ruang kompresi dimana bahan bakar tersebut akan
terbakar akibat panas yang timbul akibat kompresi. Mesin inilah yang
kita kenal sekarang dengan Mesin Diesel. Impian
Diesel untuk menciptakan mesin dengan efisiensi tinggi menjadi
tercapai, karena sumber bahan bakar untuk mesin diesel yang dipakai
sekarang dan kita kenal dengan nama 'diesel' adalah minyak sisa dari
hasil penyaringan bensin.
Setelah kematian Rudolf Diesel, mesin diesel menjadi pengganti mesin
uap. Mesin Diesel adalah mesin yang berat dan memiliki bentuk yang lebih
kaku dan kokoh dari mesin bensin sehingga mesin diesel tidak digunakan
untuk mesin pesawat terbang, tetapi mesin diesel berkembang luas
sehingga banyak dipakai oleh pabrik, kapal laut, kapal selam, lokomotif
dan mobil modern. Mesin diesel mempunyai keuntungan karena lebih irit
bahan bakar daripada mesin dengan bahan bakar bensin. Rudolf Diesel
khususnya tertarik untuk menggunakan abu batu bara ataupun minyak sayur
sebagai bahan bakar, dan kenyataannya, mesin yang dirancangnya memang
dapat berjalan dengan menggunakan minyak sayur.
Sejarah otomotif dunia
Sejarah otomotif atau mobil mulai awal tahun 1769 dengan pembuatan mesin bertenaga uap yang mampuTransportasi manusia.
Pada tahun 1806, mobil pertama yang menggunakan mesin pembakaran
internal dibuat Gas bahan bakar muncul, yang mengarah ke penemuan modern
mesin bensin pada tahun 1885 sampai mobil listrik yang muncul di abad
ke-20.
Pertama Kendaraan Kendaraan pertama yang dapat bergerak dengan kekuatan sendiri dirancang oleh Nicholas Joseph Cugnot dan dibangun oleh M. Brezin pada tahun 1769. Unit kedua dibuat pada tahun 1770 dengan berat £ 8000 dan memiliki kecepatan maksimum 2 mil per jam.
Empat Motor payau Tidak ada
Didukung Bensin Mobil Di Amerika, John W. Lambert menemukan mobil bertenaga bensin pada tahun 1891 dan Duryea Saudara menjadi perusahaan pertama yang memproduksi dan menjual kendaraan kepada publik. Skala besar produksi mobil dimulai oleh Ransom Olds (Olds Handphone pabrik) pada tahun 1902. Konsep ini kemudian diperluas secara signifikan oleh Henry Ford pada tahun 1914 awal. Sampai Ford meluncurkan Model-T yang fenomenal. Mobil dilengkapi dengan sistem transmisi dan desain yang lebih baik. Model pertama diproduksi pada tahun 1908 dan terus berubah sampai tahun 1980.
Ford sukses di adopsi oleh banyak perusahaan, yang dikenal sebagai "Fordisme -. Kombinasi dari upah yang tinggi dan efisiensi tinggi" Keberhasilan ini mendominasi, dan cepat menyebar ke seluruh dunia.
Pengembangan teknologi otomotif sangat cepat. Hal ini dapat dilihat ratusan manufaktur perhatian bersaing di seluruh dunia tertarik. Pengembangan utama adalah pembakaran otomotif perdana listrik dan listrik, suspensi dan rem pada empat roda. Jadi sedikit demi sedikit dikembangkan kendaraan mobil yang sekarang banyak digunakan
sumber: http://id.hicow.com/henry-ford/karl-benz/nikolaus-otto-357355.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar