Motor bakar
2.1. Pengertian Umum Motor Bakar
Motor bakar merupakan salah satu jenis mesin kalor yang banyak dipakai saat ini. Sedangkan mesin kalor adalah mesin yang menggunakan
energi panas untuk melakukan kerja mekanis atau mengubah tenaga panas
menjadi tenaga mekanis. Energi atau tenaga panas tersebut diperoleh dari
hasil pembakaran.
Ditinjau dari cara memperoleh tenaga panas, mesin kalor dapat dibedakan
menjadi dua yaitu mesin dengan pembakaran dalam dan mesin dengan
pembakaran luar. Mesin pembakaran dalam adalah mesin yang melakukan
proses pembakaran bahan bakar di dalam mesin tersebut dan gas pembakaran
yang terjadi berfungsi sebagai fluida kerja. Mesin pembakaran dalam
umumnya disebut motor bakar. Jadi motor bakar adalah mesin kalor yang
menggunakan gas panas hasil pembakaran bahan bakar di dalam mesin untuk
melakukan kerja mekanis. Mesin pembakaran luar adalah mesin di mana
proses pembakaran bahan bakar terjadi di luar mesin dan energi panas
dari gas pembakaran dipindahkan ke fluida mesin melalui beberapa dinding
pemisah, misal ketel uap.
2.2. Prinsip Kerja Motor Bensin
Gambar 2.1. Mekanisme Torak
Secara garis besar, dapat dijelaskan bahwa prinsip kerja dari motor
bensin yaitu bahan bakar yang berupa campuran bensin dan udara dibakar
untuk memperoleh tenaga panas yang selanjutnya digunakan untuk melakukan
kerja mekanis.
Campuran antara bensin dan udara dihisap ke dalam silinder selanjutnya
dikompresi oleh torak yang berakibat timbulnya panas dan tekanan yang
besar pada gas tersebut. Campuran bensin dan udara yang telah dikompresi
selanjutnya dibakar oleh percikan bunga api dari busi.
Hasil
dari pembakaran tersebut akan menghasilkan tekanan yang sangat tinggi
sehingga mendorong torak ke bawah. Daya yang berasal dari torak tersebut
diteruskan ke batang torak (conecting rod) dan diubah oleh poros engkol
menjadi kerja mekanik. Sedangkan gas hasil pembakaran akan dibuang
keluar silinder.
2.3. Klasifikasi Motor Bensin
Menurut prinsip kerjanya motor bensin dapat dibedakan menjadi dua jenis
yaitu motor bensin 2 langkah dan motor bensin 4 langkah.
2.3.1. Motor Bensin 2 Langkah
Motor bensin 2 langkah adalah motor bensin yang setiap siklus kerjanya dalam 2 langkah torak atau 1 kali putaran poros. Prinsip kerja motor bensin 2 langkah dalam 1 kali siklus kerja dapat dijelaskan sebagai berikut :
HISAP & KOMPRESI EKSPANSI BUANG
Gambar 2.2. Proses Kerja Motor Bensin 2 Langkah
Torak bergerak dari TMB ke TMA, saluran masuk terbuka dan campuran
bensin dan udara masuk ke ruang engkol. Sementara itu di atas torak
terjadi langkah kompresi sehingga menghasilkan suhu dan tekanan yang
tinggi dan mengakibatkan torak terdorong ke TMB. Pada saat torak menuju
TMB, torak menutup saluran masuk dan memperkecil ruang engkol. Hal ini
mengakibatkan campuran bensin dan udara bergerak ke atas torak melalui
saluran bilas. Pada saat torak sampai TMB, saluran bilas dan saluran
buang terbuka sehingga campuran bensin dan udara dari ruang engkol masuk
ke ruang bakar.
Sifat-sifat motor bensin 2 langkah :
- Konstruksi lebih sederhana dan biaya pembuatan lebih murah.
- Pembuangan gas kurang sempurna dan kesulitan untuk mempertinggi kecepatan.
- Dengan ukuran langkah torak dan kecepatan yang sama akan menghasilkan daya yang lebih besar.
2.3.2. Motor Bensin 4 Langkah
Motor Bensin 4 Langkah adalah motor bensin yang setiap siklus kerjanya
dalam 4 langkah torak atau 2 kali putaran poros. Adapun rangkaian proses
dan langkah-langkah torak adalah sebagai berikut :
Gambar 2.3. Proses Kerja Motor Bensin 4 Langkah
- Proses Pengisian
Pengisian campuran bensin dan udara terjadi pada langkah pertama yaitu
saat torak bergerak dari TMA ke TMB, di mana katup masuk terbuka dan
katup buang tertutup.
- Proses Kompresi
Terjadi pada langkah kedua. Yaitu torak bergerak dari TMB ke TMA. Pada langkah ini kedua katup tertutup.
- Proses Pembakaran
Beberapa saat menjelang akhir kompresi, saat sebelum torak mencapai
TMA, busi memercikkan bunga api dan membakar campuran bensin dan udara.
Akibatnya temperatur dan tekanan gas pembakaran dalam silinder
meningkat.
- Proses Kerja/Ekspansi
Proses ini terjadi pada langkah ketiga yaitu torak bergerak dari TMA ke TMB. Tekanan yang tinggi hasil pembakaran digunakan untuk mendorong torak ke bawah dan memutar poros engkol untuk melakukan kerja mekanik.
- Proses Pembuangan
Terjadi pada langkah keempat, torak bergerak dari TMB ke TMA. Pada
langkah ini katup buang terbuka dan katup masuk tertutup. Gas hasil
pembakaran dibuang keluar silinder melalui katup buang.
Sifat-sifat motor bensin 4 langkah :
- Dalam 4 langkah torak terdapat 1 langkah ekspansi.
- Pemakaian bahan bakar lebih hemat dan kerugian dari gas-gas yang terbuang kecil sekali.
- Konstruksinya lebih rumit dan biaya pembuatan lebih mahal.
- Dengan ukuran piston dan putaran yang sama menghasilkan daya yang lebih kecil.
- Pembuangan gas lebih sempurna.
2.4. Keuntungan Motor Bensin
Dibandingkan dengan motor diesel, motor bensin memiliki beberapa keuntungan di antaranya :
- Tekanan kompresi yang dibutuhkan lebih kecil.
- Konstruksi mesin lebih kecil dan tidak perlu sekokoh mesin diesel.
- Berat mesin lebih ringan.
- Getaran yang dihasilkan lebih kecil dengan suara yang halus.
- Tidak memerlukan baterai terlalu besar pada awal penyalaan.
- Konstruksi ruang bakar lebih sederhana.
2.5. Proses Keliling Motor Bensin 4 Langkah
Yang dimaksud dengan proses keliling pada motor bensin 4 langkah
berdasarkan proses kerja motor adalah suatu keadaan gas di dalam
silinder motor dimulai dari pengisian gas di dalam silinder dan diakhiri
dengan pembuangan gas hasil pembakaran. Di dalam silinder hasil
pembakaran yang berupa panas diubah menjadi usaha desak di atas
penghisap. Oleh karena volume dan tekanan di dalam silinder besarnya
tidak sama, maka keadaan di dalam silinder itu dapat dilukiskan dalam
bentuk diagram P-V. Diagram P-V yaitu garis-garis yang melukiskan
hubungan antara tekanan dan volume gas dengan segala perubahannya.
2.5.1. Diagram P-V Teoritis Motor Bensin 4 Langkah
Diagram P-V teoritis pada proses pembakaran bahan bakar motor bensin 4 langkah adalah sebagai berikut:
0 – 1 : Garis Hisap
Torak bergerak ke kanan untuk langkah isap. Pada kecepatan pengisap tertentu, garis akan berada di bawah garis atm, jadi ada tekanan bawah atau vakum.
1 – 2 : Garis Kompresi
Volume gas dimampatkan pada waktu penghisap bergerak ke sisi tutup. Tekanan naik hingga mencapai 7 atm sebelum titik mati atas (TMA) busi dinyalakan.
2 – 3 : Garis Pembakaran
Pembakaran terjadi dengan cepat sekali, suhu gas naik, sedangkan dalam
waktu yang sangat cepat volume gas hanya berubah sedikit. Tekanan
meningkat maksimum 28 atm.
3 – 4 : Garis Usaha atau Garis Ekspansi
Selama ini gas pembakaran mendesak penghisap dan volume gas tersebut membesar maka tekanan akan turun.
4 – 1 : Pembuangan Pendahuluan
Tekanan turun sesuai dengan tekanan atmosfer, sedangkan besar gas pembakaran (70 %) telah dikeluarkan.
1 – 0 : Gas Pembuangan
Sisa gas didesak keluar oleh penghisap, karena kecepatan gerak penghisap, terjadilah kenaikan tekanan sedikit di atas 1 atm.
2.5.2. Diagram P-V Sebenarnya Motor Bensin 4 Langkah
Proses ini sering disebut proses
otto yaitu proses yang terdapat pada motor bensin 4 langkah, di mana
pembakarannya menggunakan busi dan proses dan proses pembakaran terjadi
dengan volume tetap.
Keterangan:
0 – a : Langkah hisap
Pada
waktu torak bergerak ke kanan, udara bercampur bahan bakar masuk ke
dalam silinder. Karena torak dalam keadaan bergerak, maka tekanannya
turun sehingga lebih kecil daripada tekanan udara luar, begitu juga
suhunya. Garis langkah hisap dapat dilihat pada diagram di atas.
Penurunan tekanan ini bergantung pada kecepatan aliran. Pada motor yang
tidak menggunakan super charge tekanan terletak antara 0,85-0,9 atm
terhadap tekanan udara luar.
a – b : Langkah kompresi
Dalam proses ini kompresi berjalan adiabatik.
b – c : Langkah Pembakaran
Pembakaran terjadi pada volume tetap sehingga suhu naik.
c – d : Langkah Ekspansi atau Langkah Kerja
Pada langkah ini terjadi proses adiabatik karena cepatnya gerak torak
sehingga dianggap tidak ada panas yang keluar maupun masuk.
d – a : Langkah Pembuangan Pendahuluan
Terjadi proses isokhorik yaitu panas keluar dari katup pembuangan.
a – 0 : Langkah Pembuangan
Sisa gas pembakaran didesak keluar oleh torak. Karena kecepatan gerak torak, terjadilah kenaikan tekanan sedikit di atas 1 atm.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar